Selasa, 26 Maret 2024

KISI KISI STS ,PJOK KELAS 4 A,B,C,D

 


KISI KISI SUMATIF AKHIR SEMESTER KELAS 4, RABU 27 Maret 2024

Hari                               : Rabu
Tanggal                         : 27 Maret 2024
Kelas                             : IV/4
Sekolah                         : SD AL AZHAR 2 Bandar Lampung
TEMA                            :  Kisi kisi soal


      Materi Pembelajaran :

1. Pengertian Senam Irama

Senam irama disebut juga dengan senam ritmik. Senam ritmik merupakan gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama.

😊Oleh karena itu, gerakan yang dilakukan oleh senam ritmik banyak mengandung unsur keindahan dan harmonisasi.

😊Fungsi musik pada senam irama adalah menambah semangat gerakan. Umumnya, ritme musik yang digunakan pada senam ini cenderung energik dan atraktif, sehingga dapat membuat pesenam merasa lebih antusias dalam melakukan setiap gerakan.

😊Senam irama juga dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tanpa alat. Alat yang sering digunakan adalah gada (club), simpai (hoop), tongkat, bola (ball), pita (ribbon), dan topi. Dalam variasi geraknya, senam irama memiliki koreografi kreatif mulai dari nuansa akrobatik, tari modern, hingga balet.

😊Rangkaian senam irama terdiri dari peregangan atau pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan. Tujuan peregangan sebelum melakukan gerakan inti senam irama adalah mengurangi risiko cedera, meningkatkan sirkulasi peredaran darah, mengaktivasi otot, mengaktivasi persendian agar dapat melakukan rentang gerak penuh, dan mengembangkan paru-paru dan meningkatkan detak jantung secara bertahap.

😊Unsur-Unsur Senam Irama
1. Kelentukan
Kemampuan otot dan sendi untuk memungkinkan gerakan tubuh dengan jangkauan penuh dan tanpa hambatan, seperti melalui gerak merentangkan lalu mengayunkan tangan.

2. Keseimbangan
Kemampuan untuk menjaga posisi tubuh secara stabil saat melakukan gerakan atau pose tertentu sehingga perlu koordinasi dan kontrol.

3. Keluwesan
Kemampuan melakukan gerakan tubuh secara lembut dan tidak kaku sehingga aliran gerak senam irama dapat berjalan dengan indah.

4. Fleksibilitas
Kemampuan otot dan sendi untuk meregang dengan nyaman untuk mencapai jangkauan gerakan tertentu.

5. Kontiinuitas
Unsur ini menekankan aliran gerakan yang lancar dan tidak terputus. Dalam senam irama, gerakan harus dihubungkan dengan baik satu sama lain, sehingga setiap gerakan mengikuti dengan lancar dan secara harmonis.

6. Ketepatan
Senam irama mencakup presisi dalam menjalankan gerakan dan posisi tubuh. Ini berarti menjaga pergerakan sesuai dengan instruksi dan pola gerakan yang ditentukan dengan ritme musik.



2. Pengertian renang adalah olahraga yang dilakukan di air, dengan menggerakkan tubuh (tangan dan kaki) agar tidak tenggelam.

😊Renang adalah salah satu cabang olahraga akuatik yang diminati banyak orang di dunia. Dalam sebuah kompetisi, kemenangan dalam lomba renang ditentukan oleh kecepatan waktu. Namun demikian, renang juga bisa dilakukan oleh siapa saja, bukan hanya atlet. Renang dapat dilakukan untuk tujuan rekreasi, hobi, refreshing, terapi kesehatan, dll.

 😊Mengapa pengambilan nafas pada renang melalui mulut? Agar dalam waktu singkat udara dapat diambil sebanyak-banyaknya dibanding pernapasan dengan hidung. 

😊Jenis Gaya Renang
Gaya renang terbagi menjadi empat janis yaitu:


Gaya Bebas
Gaya renang bebas ini merupakan gaya renang paling mudah untuk dilakukan. Selain itu, gaya bebas ini merupakan gaya tercepat dalam renang jika dibandingkan dengan lain.  Gaya bebas adalah gerakan yang dilakukan dengan cara menelungkupkan badan, dimana tangan dan kaki melakukan tarikan dan tendangan air. Renang gaya bebas ini disebut juga freestyle.

Gaya Dada
Gaya dada merupakan teknik berenang dengan posisi tubuh seperti merangkak di permukaan air lalu dikombinasikan dengan gerakan kaki dan tangan.  Renang gaya bebas disebut juga breaststroke dan kerap dikenal sebagai gaya katak.Gaya renang dada atau gaya katak ini adalah salah satu jenis gaya renang yang bisa dilakukan dengan santai dan cukup mudah dipelajari

Gaya Punggung
Pada gaya punggung, posisi badan bagian depan dan wajah menghadap ke atas. Perihal prakteknya tidak jauh berbeda dengan gaya bebas, karena tangan kanan dan kiri akan diangkat saling bergantian.

Gaya Kupu-kupu
Gaya kupu-kupu adalah gaya berenang yang dilakukan dengan kedua lengan secara bersamaan mengayuh bergerak ke depan. Kedua tangan membentang kemudian mengepak untuk mengayuh maju ke depan.Gerakan dua tangan tersebut seperti gerakan sayap kupu-kupu. Selain itu, irama kaki juga bergerak berbarengan seperti putri duyung.


😊Manfaat Renang

Bagitu banyak manfaat yang didapat dari olahraga renang, terlebih jika dilakukan secara rutin.

1. Melatih seluruh tubuh

2. Memperkuat otot kardiovaskular

3. Menurunkan tekanan darah dan mengendalikan kadar gula darah

4. Membakar kalori dalam tubuh

5. Baik untuk terapi cedera

6. Mengurangi tingkat keparahan penyakit asma

7. Meringankan gejala penyakit multiple sclerosis

8. Bisa dilakukan oleh para difabel 

9. Aman dilakukan oleh ibu yang sedang hamil 

10. Membantu mengatasi masalah gangguan tidur

3. Kebugaran Jasmani

Adalah bentuk kemampuan fisik seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasa kelelahan yang berlebihan dan tentunya masih memiliki cadangan energi

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah: Mempertahankan dan meningkatkan kebugaran jasmani.

Contoh Latihan Kebugaran Jasmani:
1. Push Up
2. Sit Up
3. Pull Up
4. Back Lift

😊Unsur Kebugaran Jasmani

1. Daya Tahan

Daya tahan adalah suatu keadaan di mana seseorang dapat menggerakkan tubuh untuk melakukan beberapa aktivitas dengan tempo yang berbeda, namun dapat melakukannya dengan efisien dan efektif tanpa merasakan lelah yang berlebihan.

2. Kecepatan

Kecepatan adalah kemampuan tubuh untuk melakukan pergerakan dari satu tempat ke tempat yang lain secara cepat. Kecepatan ini dibagi menjadi tiga yaitu, kecepatan sprint, kecepatan reaksi, dan kecepatan bergerak. Kecepatan ini dapat dilatih dengan berlari berdasarkan frekuensi yang disesuaikan.

3. Kekuatan

Kekuatan adalah suatu kemampuan otot-otot dalam melawan beban yang sedang dipikul oleh tubuh. Unsur kekuatan ini juga dapat disebut dengan muscle strength. Kekuatan otot ini juga dapat berhubungan dengan daya otot atau muscle endurance. Ketahanan otot adalah kemampuan otot dalam menahan kontraksi dengan beban ringan secara terus menerus.

4. Koordinasi

Koordinasi adalah suatu kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas atau gerakan dengan efisien dan tepat. Seseorang yang memiliki koordinasi yang baik maka kerja sama yang dilakukan tubuhnya juga akan baik. Konsentrasi juga dapat dilakukan dengan mudah meski sambil menggerakkan tubuh secara bergantian.

5. Kelincahan

Kelincahan merupakan kemampuan tubuh untuk mengubah posisi tubuh dengan cepat. Dengan adanya kelincahan tubuh akan bergerak dengan cepat tanpa risiko cedera. Jika kelincahan telah terbentuk dalam tubuh kalian maka kalian akan dengan mudah menggerakkan tubuh dengan cepat tanpa ada rasa takut untuk terjadi kesalahan yang mengakibatkan cedera.

6. Kelenturan

Kelenturan adalah suatu kemampuan tubuh dalam melakukan gerakan secara maksimal. Kelenturan ini didukung dengan faktor seperti usia, kualitas otot, struktur sendi, dan ligamen

7. Keseimbangan

Keseimbangan adalah di mana posisi tubuh akan terus tegap berdiri tidak jatuh saat sedang melakukan gerakan fisik. Memiliki keseimbangan tubuh yang baik dapat meminimalkan risiko untuk jatuh dan cedera.

8. Keseimbangan

Keseimbangan adalah di mana posisi tubuh akan terus tegap berdiri tidak jatuh saat sedang melakukan gerakan fisik. Memiliki keseimbangan tubuh yang baik dapat meminimalkan risiko untuk jatuh dan cedera.


😊Manfaat Kebugaran Jasmani untuk Kesehatan Fisik.

1. Menjaga kesehatan tulang, otot, dan sendi
2. Berat badan menjadi ideal
3. Sistem sirkulasi darah dan kadar kolesterol terjaga
4. Meningkatkan sistem kinerja jantung dan sirkulasi darah
5. Mengontrol kadar gula
6. Mengurangi terjadinya resiko penyakit kronis, seperti diabetes dan serangan jantung
7. Tubuh memiliki kemampuan pemulihan yang cepat.

😊Manfaat Kebugaran Jasmani untuk Kesehatan Psikis

1. Mengatasi rasa depresi
2. Mengurangi rasa stress berlebih
3. Suasana hati menjadi membaik
4. Tidur menjadi lebih rileks
5. Memiliki kualitas tidur yang baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Budaya Hidup Sehat, kelas 3B

       Nama Sekolah     : SD Al Azhar 2 Bandar Lampung Kelas/Semester       : 3B/2 Hari/tanggal               : Jum'at, 17 Mei 2024 Mate...