MATERI PEMBELAJRAN PJOK KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Selasa, 5 September 2023
MATERI PEMBELAJARAN
Hari : Selasa
Tanggal : 5 September 2023
Kelas : III B
Sekolah : SD Al Azhar 2 Bandar Lampung
Materi : Gerak Non Lokomotor
Tujuan Pembelajaran :
- Peserta Didik mampu menjelaskan tentang pengertian dan kombinasi gerak Non lokomotor dengan benar
SEPUTAR PENGERTIAN
Pengertian Gerak Non Lokomotor serta Contohnya. Gerak non lokomotor merupakan gerakan yang tidak menyebabkan berpindah tempat. Pada umumnya anak-anak kurang menyukai gerakan-gerakan ini dibanding kepada gerakan-gerakan lokomotor. Hal bisa dimaklumi mengingat sifat pergerakan dari keduanya memang berbeda dengan membawa cirinya masing-masing. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian gerakan non lokomotor serta contohnya.
Definisi Gerak Non Lokomotor
Gerak non lokomotor adalah keterampilan yang dilakukan tanpa memindahkan tubuh dari tempatnya, misalnya melenting, mendorong dan menarik.
Menurut Yudha M. Saputra (2000:20) gerak nonlokomotor adalah gerakan yang dilakukan di tempat. Tanpa ada ruang gerak yang memakai kemampuan nonlokomotor terdiri dari menekuk dan merenggang, mendorong dan menarik, mengangkat dan menurunkan, melipat, memutar, mengocok,melingkar, melambungkan dan lain-lain.
Menurut Sudrajat Prawirasaputra (1999 : 26), keterampilan non lokomotor adalah jenis keterampilan yang dilakukan dengan menggerakkan anggota badan yang melibatkan sendi dan otot dalam keadaan badan si pelaku menetap, statis, kaki tetap menumpu pada bidang tumpu atau tangan tetap berpegang pada pegangan.
Contoh Gerak non lokomotor
Yang termasuk ke dalam jenis gerakan non lokomotor adalah, berdiri tegak dengan salah satu kaki diangkat, keterampilan dasar ini termasuk kemampuan keseimbangan (balance). Makin tinggi titik berat badan dari bidang tumpu, makin labil keseimbangan seseorang. Makin kecil bidang tumpu juga makin labil posisi keseimbangan.
Sedangkan menurut Sukintaka (1992:11) contoh gerak non lokomotor adalah :
Mengulur
Menekuk
Mengayun
Bergoyang
Berbelok
Berputar
Meliuk
Mendorong
Mengangkat
Kesimpulan: Peserta didik mampu memahami materi Gerak dasar Non Lokomotor dengan baik.
Dok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar