Rabu, 24 Juli 2019

Materi Gerak Dasar Lokomotor dan Soal Latihan ,Kelas 3 Semester 1


BAHAN AJAR
HARI/TANGGAL                                : SENIN-JUM’AT / 15-07-2019 - 26-08-2019
KELAS                                   : 3 (TIGA)
SEMESTER                           : GANJIL

JAM
PERTEMUAN
KD
TUJUAN
PEMBELAJARAN
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
SUMBER  PEMBELAJARAN / ALAT PERAGA
INSTRUMEN
PEMBELAJARAN
KET
1
2
3
4
5
6
7

3.1 Menerapkan prosedur gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

4.1 Mempraktik kan gerak variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
1)        Siswa dapat menyebutkan prosedur gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dasar dengan benar
2)        Siswa mampu melakukan gerakan jalan-lari-lompat
3)        Siswa mampu melakukan gerakan jalan-lari-lompat setinggi-tingginya
4)        Siswa mampu melakukan gerakan jalan-lari-lompat meraih benda
5)        Siswa mampu melakukan gerakan jalan-lari-melompat teman
6)        Siswa mampu melakukan gerakan berlari dengan mengangkat paha
7)        Siswa mampu melakukan gerakan berlari tumit menyentuh pantat
8)        Siswa mampu melakukan gerakan  berlari tungkai disepakkan ke depan

§  Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan (gerakan jalan pelan, lari pelan, menggerakan kepala, lengan, pinggang, tungkai dan kaki ke berbagai arah)
§  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran


Mengamati (observing)
Menyimak informasi dan peragaan materi tentang  prosedur gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. .  
Menanya (questioning)
§   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  ;
§   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan 
Mengumpulkan informasi /
mencoba (experimenting)
§   Melakukan gerakan jalan-lari-lompat keberbagai arah
§   Melakukan gerakan jalan-lari-lompat meraih benda
§   Melakukan gerakan jalan-lari-melompat teman yang merangkak
§   Melakukan gerakan jalan-lari-melompat tongkat yang dipegang guru/teman
§   Mencoba dan melakukan kombinasi pola gerak dasar lokomotor secara berulang-ulang
Selama pembelajaran berlangsung guru melakukan penilaian proses dan sekaligus
§   memberikan perbaikan terhadap kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik baik aspek kognitif, psikomotor maupun aspek afektif/sikap.  ;
Menalar/Mengasosiasi (associating)
§   Memperagakan hasil belajar tentang kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional  dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama.
§   Mendapatkan umpan balik dari diri sendiri, teman dalam kelompok, dan guru.
§   Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber ;
§   Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain ;
Mengomunikasikan (communicating)
§   Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya ;
§   Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir

§  Merencanakan kegiatan lebih lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, program pengayaan, layanan konseling dan/atau  memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
1.Buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjaskes) Kelas 1 untuk sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah yang relevan

2.Diklat Atletik


1.Ruang terbuka yang datar dan aman

2.Pluit

3.Komando, Latihan/penugasan

4.Cone (KUN)
-      Sebut prosedur gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor
-      Lakukan gerakan jalan-lari-lompat
-      Lakukan gerakan jalan-lari-lompat setinggi-tingginya
-      Lakukan gerakan jalan-lari-lompat meraih benda
-      Lakukan gerakan jalan-lari-melompat teman
-    Lakukan gerakan berlari dengan mengangkat paha
-    Lakukan gerakan berlari tumit menyentuh pantat
            Lakukan gerakan  berlari tungkai disepakkan ke depan












Mengetahui                                                                                                                                                                        Bandar Lampung, 22 Juli 2019
Kepala SD Al Azhar 2                                                                                                                                           Guru PJOK





Hj. Sri Margiyani S.Pd                                                                                                                                          Ilham Permadhi S.Pd
          NIP.19601131982032005
LATIHAN SOAL

1.  GERAK DASAR LOKOMOTOR ADALAH ?
A.          GERAKAN BERPINDAH TEMPAT
B.          GERAKAN YANG TIDAK BERPINDAH TEMPAT
C.          GERKAN ZIG ZAG

2.  CONTOH GERAK LOKOMOTOR ADALAH ?
A.          DUDUK
B.          BERLARI
C.          TELUNGKUP

3.  BERJALAN DAN BERLARI TERMASUK GERAK ?
A.          MANIPULATIF
B.          NON LOKOMOTOR
C.          LOKOMOTOR

4.  PANDANGAN SAAT KITA BERLARI KE ARAH ?
A.          DEPAN
B.          SAMPING
C.          BELAKANG
                                
5.  LARI ADALAH MELANGKAHKAN KAKI DENGAN ?
A.          LAMBAT
B.          CEPAT
C.          SEDANG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senam Lantai, 22 November 2024

  Senam Irama, 22 November 2024                                                    MATERI  AJAR Nama Sekolah        : SD Al Azhar 2 Bandar L...