BAHAN AJAR
HARI/TANGGAL :
SENIN-JUM’AT / 15-07-2019 - 26-08-2019
KELAS :
3 (TIGA)
SEMESTER :
GANJIL
JAM
PERTEMUAN
|
KD
|
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
|
SUMBER PEMBELAJARAN / ALAT PERAGA
|
INSTRUMEN
PEMBELAJARAN
|
KET
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
3.1 Menerapkan prosedur gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktik kan gerak variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
1)
Siswa dapat menyebutkan
prosedur gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dasar dengan benar
2)
Siswa mampu melakukan
gerakan jalan-lari-lompat
3)
Siswa mampu melakukan
gerakan jalan-lari-lompat setinggi-tingginya
4)
Siswa mampu melakukan
gerakan jalan-lari-lompat meraih benda
5)
Siswa mampu melakukan
gerakan jalan-lari-melompat teman
6)
Siswa mampu melakukan
gerakan berlari dengan mengangkat paha
7)
Siswa mampu melakukan
gerakan berlari tumit menyentuh pantat
8)
Siswa mampu melakukan
gerakan berlari tungkai disepakkan ke
depan
|
§ Berbaris, berdoa, presensi,
apersepsi dan pemanasan (gerakan jalan pelan, lari pelan, menggerakan kepala,
lengan, pinggang, tungkai dan kaki ke berbagai arah)
§ Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran
Mengamati (observing)
Menyimak informasi dan peragaan
materi tentang prosedur gerak
kombinasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional. .
Menanya (questioning)
§ Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa ;
§ Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Mengumpulkan informasi /
mencoba (experimenting)
§
Melakukan
gerakan jalan-lari-lompat
keberbagai arah
§
Melakukan
gerakan jalan-lari-lompat
meraih benda
§
Melakukan
gerakan jalan-lari-melompat
teman yang merangkak
§
Melakukan
gerakan jalan-lari-melompat
tongkat yang dipegang guru/teman
§
Mencoba dan melakukan kombinasi pola gerak dasar
lokomotor secara berulang-ulang
Selama
pembelajaran berlangsung guru melakukan penilaian proses dan sekaligus
§
memberikan perbaikan terhadap kesalahan yang
dilakukan oleh peserta didik baik aspek kognitif, psikomotor maupun aspek
afektif/sikap. ;
Menalar/Mengasosiasi (associating)
§ Memperagakan
hasil belajar tentang kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional
dilandasi nilai-nilai disiplin,
percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama.
§
Mendapatkan
umpan balik dari diri sendiri, teman dalam kelompok, dan guru.
§
Melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber ;
§
Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain ;
Mengomunikasikan (communicating)
§
Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya ;
§
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
Hasil
belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir
§ Merencanakan kegiatan lebih
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas
baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
1.Buku
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjaskes) Kelas 1 untuk sekolah
Dasar/Madrasah Ibtidaiyah yang relevan
2.Diklat Atletik
1.Ruang
terbuka yang datar dan aman
2.Pluit
3.Komando, Latihan/penugasan
4.Cone (KUN)
|
-
Sebut prosedur gerak kombinasi pola
gerak dasar lokomotor
-
Lakukan gerakan jalan-lari-lompat
-
Lakukan gerakan jalan-lari-lompat
setinggi-tingginya
-
Lakukan gerakan jalan-lari-lompat meraih benda
-
Lakukan gerakan jalan-lari-melompat teman
-
Lakukan
gerakan berlari dengan mengangkat paha
-
Lakukan
gerakan berlari tumit menyentuh pantat
Lakukan gerakan berlari tungkai disepakkan ke depan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Bandar Lampung, 22 Juli
2019
Kepala SD Al Azhar 2 Guru PJOK
Hj. Sri Margiyani S.Pd Ilham Permadhi S.Pd
NIP.19601131982032005
LATIHAN SOAL
1. GERAK DASAR LOKOMOTOR ADALAH ?
A.
GERAKAN
BERPINDAH TEMPAT
B.
GERAKAN YANG
TIDAK BERPINDAH TEMPAT
C.
GERKAN ZIG ZAG
2. CONTOH GERAK LOKOMOTOR ADALAH ?
A.
DUDUK
B.
BERLARI
C.
TELUNGKUP
3. BERJALAN DAN BERLARI TERMASUK GERAK ?
A.
MANIPULATIF
B.
NON LOKOMOTOR
C.
LOKOMOTOR
4. PANDANGAN SAAT KITA BERLARI KE ARAH ?
A.
DEPAN
B.
SAMPING
C.
BELAKANG
5. LARI ADALAH MELANGKAHKAN KAKI DENGAN ?
A.
LAMBAT
B.
CEPAT
C.
SEDANG
Tidak ada komentar:
Posting Komentar