Gerak Manipulatif
MATERI AJAR
Hari/Tanggal : Rabu, 9-10-2024
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik memahami pengertian gerak manipulatif
2. Peserta didik mampu mempraktikkan gerak manipulatif melempar, menangkap dalam permainan bola kasti dengan baik dan benar
Melempar adalah suatu keterampilan manipulatif yang kompleks ketika satu atau dua tangan digunakan untuk melontarkan suatu objek menjauhi tubuh ke ruang tertentu.
Bergantung pada banyak faktor (misalnya ukuran objeknya, ukuran pelempar, dan lain-lain).
Menangkap adalah gerakan yang melibatkan penghentian momentum suatu objek dan menambahkan kontrol terhadap objek tersebut dengan menggunakan satu tangan atau dua tangan.
Tergantung kepada kecepatan, arah, dan jenis serta besarnya benda yang bergerak, dalam gerakan menangkap ini diperlukan koordinasi untuk membuat posisi tubuh yang tepat dalam menyerap dan menyalurkan energi yang dibawa benda/objek bersangkutan.
Beberapa macam tangkapan, di antaranya: tangkapan dengan satu tangan, dengan dua tangan, tangkapan atas, tangkapan bawah, dan tangkapan samping.
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan melempar dan menangkap bola antara lain sebagai berikut:
Aktivitas pembelajaran gerakan lemparan dan menangkap bola lambung
Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan berdiri tegak dan saling berhadapan dengan teman.
(b) Pandangan ditujukan pada arah sasaran lempar.
(c) Sikap badan sedikit ke belakang.
(d) Kemudian ayunkan bola dari belakang atas menuju ke depan atas hingga bola lepas dan melambung jauh.
(e) Siswa diminta untuk melakukan gerakan ini secara berulang-ulang selama 3 - 5 menit.
Aktivitas pembelajaran gerakan lemparan dan menangkap bola mendatar
Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan berdiri tegak dan saling berhadapan dengan teman.
(b) Kemudian bola dipegang dengan tangan kanan.
(c) Menghadap ke arah sasaran lempar.
(d) Pandangan tertuju pada sasaran lempar.
(e) Kedua kaki dibuka silang depan, lutut agak ditekuk.
(f) Rentangkan tangan lempar ke belakang dengan bola diarahkan ke sasaran.
(g) Lengan kiri lurus ke depan sejajar dengan bahu.
(h) Sikap badan sedikit ke belakang.
(i) Dengan melangkahkan kaki satu langkah, lemparkan bola lurus ke arah depan.
(j) Siswa diminta untuk melakukan gerakan ini berulang-ulang selama 3-5 menit.
Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan berdiri tegak dan saling berhadapan dengan teman.
(b) Kemudian melangkahkan satu kaki ke depan.
(c) Bola diayunkan dari belakang atas menuju ke depan bawah hingga bola itu meluncur setinggi lutut penerima.
(d) Pandangan selalu tertuju pada bola.
(e) Siswa diminta untuk melakukan gerakan ini berulang-ulang selama 3 - 5 menit.
Aktivitas pembelajaran gerak lemparan bola menggelinding
Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan siswa yang akan melempar bola berdiri tegak dan siswa yang akan menangkap bola posisi berlutut.
(b) Siswa dengan posisi saling berhadapan dengan jarak 3 – 4 meter.
(c) Kemudian melangkahkan satu kaki ke depan.
(d) Bola diayunkan dari belakang atas menuju ke depan bawah hingga bola itu menggelinding ke bawah.
(e) Pandangan selalu tertuju pada bola.
(f) Siswa diminta untuk melakukan gerakan ini berulang-ulang selama 3 - 5 menit.
Aktivitas pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola di tempat dan dilanjutkan sambil berjalan secara individu
Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan berdiri tegak dengan rileks.
(b) Kemudian bola dilambungkan dengan lemparan dari bawah ke atas.
(c) Pandangan ditujukan pada arah lambungan bola ke atas.
(d) Sikap badan sedikit ke depan.
(e) Ayunkan bola dari belakang bawah menuju ke depan atas hingga bola lepas dan melambung ke atas.
(f) Setelah itu bola ditangkap dengan dua tangan.
(g) Pembelajaran lempar tangkap bola di tempat dan dilanjutkan sambil bergerak maju dengan bola dilambungkan sendiri.
(h) Siswa diminta untuk melakukan gerakan ini berulang-ulang selama 3 - 5 menit.
Aktivitas pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola di tempat dan dilanjutkan dengan gerakan maju dan mundur secara berpasangan
Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan siswa berdiri tegak dan saling berhadapan dengan jarak 3–5 meter.
(b) Bola dilemparkan secara bergantian dengan lemparan setinggi dada.
(c) Pandangan ditujukan pada arah lemparan bola.
(d) Sikap badan sedikit ke depan.
(e) Ayunkan bola dari belakang bawah menuju ke depan atas hingga bola lepas dan melambung ke depan.
(f) Pembelajaran gerakan lempar tangkap bola dengan lecutan tangan berpasangan di tempat, dilanjutkan dengan gerak maju mundur.
(g) Siswa diminta untuk melakukan gerakan ini berulang-ulang selama 3 - 5 menit.
Aktivitas pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola di tempat dan dilanjutkan dengan gerak maju dan mundur berjalan atau berlari jogging secara berpasangan dengan berbagai lemparan
Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan siswa berdiri tegak dan saling berhadapan dengan jarak 6–7 meter.
(b) Bola dilemparkan secara bergantian dengan lemparan ayunan atas, ayunan samping, dan bawah.
(c) Menangkap dengan gerakan menangkap bola lurus serta bola guling tanah, dilakukan di tempat dilanjutkan dengan gerak maju mundur berjalan atau berlari jogging secara berpasangan.
(d) Pandangan ditujukan pada arah lemparan bola.
(e) Sikap badan sedikit ke depan.
(f) Ayunkan bola dari belakang bawah menuju ke depan atas hingga bola lepas dan melambung ke depan.
(g) Siswa diminta untuk melakukan gerakan ini berulang-ulang selama 3 - 5 menit.
Aktivitas pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola berkelompok
dengan berbagai lemparan
Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan siswa berdiri tegak dan saling berhadapan dengan teman berjarak 3 – 5 meter.
(b) Pembelajaran gerakan lempar tangkap bola dengan lemparan ayunan atas, ayunan samping, bawah.
(c) Menangkap dengan gerakan menangkap bola lurus serta bola guling rendah.
(d) Pembelajaran ini dilakukan di tempat dalam formasi berbanjar dan berkelompok dan pemain bergerak lari setelah melakukan lemparan.
(e) Siswa diminta untuk melakukan gerakan ini berulang-ulang selama 3 - 5 menit.
Aktivitas pembelajaran gerakan melempar/mengoper dan menangkap bola
berpasangan di tempat dan dilanjutkan sambil bergerak maju, mundur, dan
menyamping.
Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan siswa berdiri tegak dan berpasang-pasangan, dan saling berhadapan dengan jarak 3 – 5 meter.
(b) Mengoper dan menangkap bola berpasangan di tempat.
(c) Dilanjutkan sambil bergerak maju, mundur, dan menyamping (mengoper dari dada, pantul dan dari atas kepala).
(d) Siswa diminta untuk melakukan gerakan ini berulang-ulang selama 3 - 5 menit.
Aktivitas pembelajaran gerakan mengoper dan menangkap bola formasi segitiga
Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan siswa berdiri tegak dan membentuk formasi segitiga dengan jarak 3 – 5 meter.
(b) Mengoper dan menangkap bola dalam formasi segi tiga, empat atau lingkaran
(mengoper dari dada, pantul dan dari atas kepala).
(c) Gerakan dilakukan di tempat dilanjutkan bergerak maju-mundur dan bergerak
kanan-kiri.
(d) Siswa diminta untuk melakukan gerakan ini berulang-ulang selama 3 - 5 menit.
Aktivitas pembelajaran gerakan mengoper dan menangkap bola formasi
berbanjar (passing run)
Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan siswa berdiri tegak dan berpasang-pasangan, dan saling berhadapan dengan jarak 3 – 5 meter.
(b) Mengoper dan menangkap bola dalam formasi berbanjar (passing run) atau setelah melakukan bergerak lari pindah tempat.
(c) Siswa diminta untuk melakukan gerakan ini berulang-ulang selama 3 - 5 menit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar